Tips Cara Melakukan Perawatan Mesin Produksi Bata Merah press

Tips Cara Melakukan Perawatan Mesin Produksi Bata Merah press

Sebelum Lanjut kepada pokok pembahasan kenali dulu tujuan melakukan perawatan terhadap Mesin Produksi bata mesin bata merah press antara lain :

  • Dapat memperpanjang masa pakai mesin atau peralatan kerja.
  • Mesin dapat menghasilkan Output sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan.
  • Kualitas produk yang dihasilkan oleh Mesin dapat terjaga dan sesuai dengan harapan.
  • Mencegah terjadinya kerusakan berat yang memerlukan biaya perbaikan yang lebih tinggi.
  • Untuk menjamin keselamatan tenaga kerja yang menggunakan mesin yang bersangkutan.
  • Tingkat Ketersediaan Mesin yang maksimum (berkurangnya downtime)




Yang dimaksud dengan Perawatan atau biasa disebut Maintenance adalah suatu kegiatan untuk merawat atau memelihara dan menjaga Mesin ataupun peralatan dalam kondisi yang terbaik supaya dapat digunakan untuk melakukan produksi sesuai dengan perencanaan. Dengan kata lain, Perawatan atau Maintenance adalah kegiatan yang diperlukan untuk mempertahankan (retaining) dan mengembalikan (restoring) mesin ataupun peralatan kerja ke kondisi yang terbaik sehingga dapat melakukan produksi dengan optimal.

Dengan berkurangnya tingkat kerusakan mesin dan peralatan kerja, kualitas, produktivitas dan efisiensi produksi akan meningkat dan menghasilkan profitabilitas yang tinggi bagi perusahaan ataupun usaha anda.

Pada dasarnya perawatan ataupun Maintenance dibagi menjadi 6 kegiatan

Kegiatan perawatan dapat dibedakan yaitu:
1.   Perawatan rutin
Perawatan rutin ialah perawatan atau kegiatan yang harus dilakukan setiap hari dan sifatnya terus menerus dan sistematis.
2.   Perawatan periodic
Perawatan periodic ialah perawatan yang dilakukan pada jarak waktu tertentu dan harus dilakukan rutin dan sistematis pula.
3.   Perawatan berencana
Perawatan berencana ialah tindakan perawatan yang dilakukan atas dasar perencanaan sebelumnya sehingga segala sesuatu berjalan lancar dalam waktu singkat.
4.   Perawatan pencegahan
Perawatan pencegahan ialah pekerjaan yang dilakukan sebelum fasilitas mengalami kerusakan, jadi tindakan/pekerjaan perawatan ini semata-mata telah direncanakan sebelumnya.
5. Tindakan perbaikan
Tindakan perbaikan ialah perbaikan setelah mesin mengalami kerusakan, karena alat-alat yang di pakai dalam perbaikan ini telah siap sebelumnya maka kegiatan tersebut termasuk kategori perawatan.
6. Overhaul
Overhaul ialah perbaikan besar dalam rangka mengembalikan kondisi standard suatu mesin yang tingkat kerusakannya telah total.

Perawatan yang harus dilakukan secara tepat

Pelumasan dan inspeksi

Pada saat ini pelumasan dan inspeksi adalah kegiatan yang berfungsi untuk merawat berbagai macam peralatan mesin yang ada hubungannya dengan proses kegiatan produksi. Kegiatan inspeksi ini dilakukan untuk mencari tahu segala macam data teknik, terutama untuk meningkatkan kierja mesin dan juga merawatnya dengan baik. Adapun kegiatan pelumasan adalah upaya untuk mencegah terjadinya keausan pada beberapa bagian yang sering bergesekan dan juga pada bagian mesin yang memerlukan suhu konstan, jika mesin pada bagian ini tidak dirawat dengan baik, maka mesin akan cepat rusak.

Perawatan peralatan dan perlengkapan

Kegiatan dari perawatan ini mencakup dalam pemeliharaan dan perbaikan, agar mesin-mesin dan perlengkapanya (sarana-prasarana) yang berhubungan dengan kegiatan atau penggunaan sarana prasarana tersebut selalu dalam keadaan kondisi yang baik dan optimal.

Tindakan perawatan yang singkat waktunya adalah yang paling menguntungkan, baik dipandang dari segi institusi, perusahaan maupun dari segi pertanggung-jawaban yang harus dipikul oleh penguna / pekerja tanpa mengurangi rasa tanggung-jawabnya serta ketelitianya dan kesempurnaan cara bekerjanya. Juga perlu pencatatan dari komponen yang mengalami kerusakan sebagai dokumentasi dan sebagai pedoman untuk perencanaan perbaikan di waktu yang akan datang, (diagnosa kerusakan dibuat dalam bentuk  berita acara kerusakan).

Pergantian oli dan sirkulasi Air pendingin

Yang dimaksud disini adalah karena mesin Bata press digerakkan oleh mesin diesel, maka hal utama yang harus sering di cek adalah sirkulasi air pendingin diesel itu sendiri, serta pergantian oli diesel secara rutin .

Demikian Tips Cara Melakukan Perawatan Mesin Produksi Bata Merah press

Posting Komentar untuk "Tips Cara Melakukan Perawatan Mesin Produksi Bata Merah press"